Wartawan BBC menyamar ke Korut

universitas terkemuka dalam inggris melancarkan kecaman ke bbc (media inggris), minggu, sebab wartawan bbc telah menyamar untuk mahasiswa tingkat doktoral danmelakukan perjalanan akademis agar mencari film dokumentasi ke korea utara (korut).

cara tersebut bisa merugikan mahasiswa di rombongan itu, dan tidak hapal rencananya.

london school of economics (lse) mengatakan bahwa tiga wartawan bbc--termasuk asli wartawan yang disegani, john sweeney--bergabung di perkumpulan mahasiswa dan sedang mengerjakan kaji wisata pada akhir maret. mereka berpura-pura adalah wisatawan, lalu membeli film tentang negara tertutup tersebut.

pihak universitas mengatakan bahwa kaum mahasiswa sudah mendapat pemberitahuan bahwa banyak seorang wartawan yang mau ikut bersama mereka, sementara tak detail apakah bbc bertujuan mencari perjalanan tersebut untuk merekam diam-diam film dan hendak diputar di website nuansa dan menyiarkan topik-topik hangat.

Informasi Lainnya:

ini bukan studi wisata terjamin lse, kata craig calhoun, direktur perguruan tinggi itu dalam akun twitter, seperti dikutip reuters.

bbc mengaturnya, memanfaatkan perkumpulan tersebut supaya menjaring peserta.

ketegangan dalam semenanjung korea meningkat akhir-akhir ini karena ancaman launching nuklir dengan korut.

lse menyampaikan bahwa sweeney, alumnus tahun 1980, menyatakan dibuat mahasiswa doktoral jenis sejarah, untuk mampu lolos masuk negara itu, sekalipun ketika ini ia tidak mempunyai hubungan melalui lembaga studi tinggi tersebut.

staf bbc mengakui bahwa rombongan tersebut sengaja menyamarkan keterlibatan bbc pada kunjungan itu, tutur lse.

menurut lse, para mahasiswa dan ikut pergi tak diberitahu melalui jelas supaya mampu menyetujui, juga menempatkan mereka pada bahaya bila penyamaran itu terungkap sebelum mereka meninggalkan korut.

lse membayar bbc agar baik film dokumenter yang menurut rencana ingin diputar pada hari senin mendatang, tetapi direktur penyiaran menolak permintaan tersebut.

para mahasiswa melalui tegas telah diberitahu serta diperingatkan potensi risiko perjalanan ke korut bersama wartawan, tulis bbc dalam lamannya.

termasuk serta peringatan mengenai risiko ditangkap dan ditahan juga kemungkinan mereka tak diperkenankan dulu masuk ke korut di waktu kedepan.

sweeney membela diri dalam akun twitter melalui menulis lse menganggarkan pernyataan yang kita perdebatkan.

kami beranjak ke korut dengan menyamar. agen korut tentu tidak senang. mahasiswa lse hapal hendak keuntungan ini sebelum pergi. mereka setuju.

laman panorama menungkapkan bahwa sweeney menghabiskan masa delapan hari agar menyamar tepat selama jantung negeri dan diawasi melalui ketat.

bepergian dari pyongyang ke daerah pedesaan yang termasuk kawasan de-militarisasi--di perbatasan melalui korea selatan--sweeney menikmati pemandangan yang suram, orang-orang dicuci-otak dalam tiga generasi serta rezim dengan senang menyerahkan kesan berbaris menuju armageddon, tulisnya.

lse menyampaikan, aspek-aspek terkait korut sah adalah bahan penelitian dari semua tinjauan disiplin ilmu, ternyata bbc sudah merusak nama perguruan tinggi dan merugikan kunjungan ke korut yang berikutnya, serta ke negara lain.

karya bbc itu memesan mahasiswa berada selama bahaya, padahal tampaknya tak memperoleh Informasi masih kecuali cuma menunjukan korea utara seperti dan dilihat wisatawan, papar calhoun.