DPR ikuti pertemuan perangi korupsi di Meksiko

delegasi dpr-ri mau memenuhi pertemuan tahunan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 pada meksiko yang membahas isu menanggulangi korupsi.

isu (memberantas korupsi) itu adalah salah Satu jadwal berguna pertemuan pimpinan parlemen dengan tema `the 4th meeting of g-20 speakers consultation forum` yang berlangsung di mexico city, dalam 3--5 april 2013, papar wakil ketua dpr koordinator ekonomi serta keuangan (korekku) mohamad sohibul iman selama jakarta, selasa.

dalam penjelasan melalui tenaga ahli media wakil ketua dpr korekku h muarif, ia menjelaskan disamping sohibul iman, delegasi dpr-ri dan hadir adalah ketua badan kerja sama antar-parlemen (bksap) dr kh surahman hidayat, m.a, juga wakil ketua bksap hayono isman.

kami akan bahas isu perang melawan korupsi bersama pimpinan parlemen dari negara-negara anggota g-20, termasuk isu penting lainnya seperti reformasi sistem keuangan, ketahanan pangan, hingga persoalan lingkungan hidup, ujarnya.

ia mengajarkan, pertemuan pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20 adalah jadwal tahunan dan telah diikuti indonesia sejak pertama kali diadakan di 2010.

Yang Lain: Dealer Honda Jakarta - Dealer Honda Jakarta - Dealer Honda Jakarta

disebutkan kiranya dari pertama kali digelar dalam ottawa, kanada tahun 2010, kemudian seoul, korsel pada 2011 dan riyadh, saudi arabia pada 2012, indonesia terus berpartisipasi aktif.

selain membahas berbagai persoalan itu, papar dia, dijadwalkan pula delegasi indonesia bakal menggelar pembahasan bilateral melalui delegasi meksiko juga rusia.

pembicaraan tersebut merupakan penting karena disamping tuan properti, tahun lalu meksiko menjadi ketua g-20. sedangkan, melalui delegasi rusia kita usah adakan pertemuan mengingat tahun 2013 ini rusia adalah ketua g-20, katanya seraya menyebut kedua pertemuan itu diselenggarakan di sela-sela persidangan.

sohibul yakin, indonesia bakal banyak mengambil faedah dari semua isu dan dibahas pimpinan parlemen negara-negara g-20.

apalagi, tutur dia, pertemuan itu dijadwalkan akan diikuti pula oleh delegasi parlemen eropa serta presiden parlemen dunia (ipu) abdulwahad radi.

ia menambahkan, sebagaimana pertemuan-pertemuan sebelumnya, pertemuan di mexico city tersebut bakal diakhiri dengan pernyataan bersama pimpinan parlemen negara-negara anggota g-20.