Rp54 miliar, biaya pemakaman Thatcher

uang para wajib pajak inggris diperkirakan habis sebanyak rp54 miliar serta 3,6 juta poundsterling (1 poundsterling = rp15.000) agar membiayai pemakaman mantan perdana menteri margaret thatcher.

data itu dikeluarkan oleh downing street, kamis, dengan rincian 2 juta poundsterling untuk kaum polisi dan sudah bertugas dan 1,6 juta poundsterling supaya meminta berbagai pengeluaran dalam luar tersebut.

meskipun data dan disebut pemerintah menyebut angka 3,6 juta, perhitungan kasar total uang dan dihabiskan supaya pemakaman pekan 2012 tersebut memakan biaya sebesar 10 juta poundsterling serta rp150 miliar.

besarnya uang dan dikeluarkan membeli para aktivis sayap kiri jauh meradang.

Informasi Lainnya:

mereka mengkritik pengeluaran kaum titan konservatif selama tengah-tengah keputusan pemotongan belanja publik yang ditujukan supaya menurunkan defisit anggaran berbelanja inggris.

dari dana 1,6 juta pounsterling, sekitar 1,1 juta poundsterling dimanfaatkan agar petugas keamanan serta polisi, kata downing street.

sisanya 500 ribu poundsterling digunakan agar uang seremonial seperti st paulus katedral, resepsi setelah pemakaman juga undangan.

keluarga thatcher membayar biaya bunga serta uang pelaksanaan, dan angkanya tidak diumumkan.

thatcher, dan berkuasa dalam jangka waktu 1979-1990, terbukti merupakan tokoh yang paling dibenci oleh grup kiri jauh bagus ketika hidup serta setelah meninggal dunia.

didorong oleh isu uang sebesar 10 juta poundsterling dan diperlukan untuk pemakaman, beberapa demonstran meneriakkan kata-kata buang-buang biaya di prosesi pemakamannya, tetapi dan lain mengacungkan spanduk melalui tulisan besarnya dana itu.

thatcher merupakan satu-satunya perdana menteri wanita inggris juga terlama di abad ke-20. dia meninggal dunia selama 8 april sesudah terkena serangan stroke.

tokoh berusia 87 tahun itu mencari pemakaman seremonial dengan penghormatan militer penuh di katedral st paul selama london dalam 17 april.

dua kepala negara, 11 perdana menteri, 17 menteri luar negeri, serta pejabat yang mewakili 170 negara turut menghadiri upacara pemakaman.

menteri luar negeri william hague menjadi tuan rumah dalam Salah satu daripada dua resepsi supaya perwakilan daripada negara-negara asing.

resepsi dan kedua diperuntukkan agar sahabat dan keluarga thatcher dan perwakilan lembaga inggris. perdana menteri david cameron serta menteri senior lainnya menghadiri diantaranya.

downing street menyatakan total uang mau dibuat selama saatnya, juga berharap angka itu hendak mendekati estimasi total.

inggris sudah nyaris mengalami resesi putaran ketiga, meski masih mengalami defisit anggaran dan besar serta kuat, juga menambah tumpukan rekor utang, berdasarkan data terpercaya pekan ini.

inggris terhindar daripada jatuh ke resesi ketiga dari krisis keuangan global pada 2008 sesudah ekonomi tumbuh sebesar 0,3 persen di kuartal pertama.

sementara itu pinjaman bersih sektor umum mencapai 120,6 juta poundsterling di 12 bulan sampai akhir maret.

utang bersih sektor publik inggris mencapai rekor 1,186 triliun poundsterling selama maret, setara melalui 75,4 persen produk domestik bruto.