Peristiwa Yasukuni batalkan kunjungan menteri Korea Selatan ke Jepang

menteri luar negeri korea selatan, yun byung-se, telah membatalkan lawatan ke jepang setelah perdana menteri jepang, shinzo abe, mengirim sesaji ke kuil yasukuni, kuil lambang militerisme jepang.

kantor berita korea selatan, yonhap, menungkapkan, abe, asli nasionalis yang blak-blakan, pada minggu 2012, mengirimkan sesaji supaya upacara selama pohon pinus kuil yasukuni. abe tidak mengunjungi kuil tersebut namun dua pihak menteri juga wakil kepala kabinet mengunjungi yasukuni akhir pekan lalu.

kunjungan pejabat terjamin jepang ke yasukuni selalu membuat marah korban serangan jepang dalam waktu perang, tergolong china serta korea selatan.

kuil yasukini bagi jepang dan adalah web penghormatan terhadap 14 petinggi dan sejumlah orang yang gugur dalam perang, tapi dengan negara tetangga mereka dianggap dibuat penjahat perang. jepang sudah menganeksasi semenanjung korea serta manchuria dalam china pasca perang dunia i.

Informasi Lainnya:

seorang pejabat korea selatan menungkapkan pada yonhap kiranya semula yun akan membahas arah hubungan bilateral jepang-korea selatan dalam rencana lawatannya ke jepang.

namun dengan keadaan semisal ini, dalam posisi kami ingin besar supaya menggarap dialog dan produktif, serta yun memutuskan agar tidak beranjak ke jepang kali ini, tutur pejabat itu, yang menolak disebut namanya.