Dua jenis pergerakan tanah di Majalengka

pusat vulkanologi juga mitagasi bencana geologi (pvmbg), badan geologi menyatakan ada dua jenis longsoran dalam pergerakan tanah selama kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat, dan terjadi pada 15 april 2013.

ada dua jenis pergerakan tanah pada sini, pertama merupakan bidang ialah bidang longsoran dan kedua ialah jenis gerakan tanah rayapan, papar kepala pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi surono, selama bandung, surono, senin.

pergerakan tanah jenis longsoran tersebut, tutur surono, merupakan longsoran dan menutup serta menimbun sawah seluas 6 hektar selama kawasan tebingnya selama kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat.

sementara agar pergerakan tanah jenis gerakan tanah rayapan terjadi pada bawah tebing-tebingnya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ia mengungkapkan, pergerakan tanah rayapan ini mempunyai ciri-ciri gerakannya lambat berbeda melalui jenis longsoran.

menurut dia, pergerakan tanah bidang tanah rayapan ini juga terkandung di kawasan lainnya yaitu di hambalang, kabupaten bogor juga kilomter 97 tol cipularang.

surono mengungkapkan, mengapa pada sana rentan pergerakan tanah karena di kawasan itu terdapat jenis tanah lempung ataupun batuan formasi kaliwangi.

jadi pada wilayah itu kalau kena air, dengan begini hendak jadi bubur oleh karenanya tanah bergerak. keuntungan ini diperparah melalui ada pertanian lahan basah seperti sawah dan kolam ikan, katanya.

dikatakannya, kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka itu termasuk ke pada zona pergerakan tanah menengah juga tinggi.

artinya daerah itu mampu terjadi pergerakan tanah terserah kalau curah hujannya tinggi dalam sana, katanya.